Selasa, 27 Desember 2011

Harga Keberadaan

Oleh : Ani Sudaryanti

Harsat terdalam dari sifat manusia adalah merasa dihargai. Sekalipun seorang itu mencoba mengabaikannya, berapapun itu, dia pasti sangat ingin di hargai sekalpun sedikit porsi yang diterimanya.

Kondisi ini seharusnya membuat kita menempatkan pada posisi orang lain atau empati. Bagaimana mungkin kita bisa merasa di hargai kalaupun porsi kita memperhatikan orang setengah hati. Memang kondisi menghargai dan dihargai merupakan sikap spontanitas, atau dengan kata lain hal itu muncul dari hati.

Namun, hal membuat pesona menghargai seseorang bisa dilatih dengan pemahaman betapa pentingnya membuat orang lain nampak bercahaya dengan apa yang ada padanya. Siapapun itu, seseorang pasti memiliki nilai cahaya. Sesuatu yang membuatnya bersinar.
Bagaimana melihat cahaya orang lain tampak berkilau, sehingga hal tersebut juga bisa membuat kita secara pribadi menjadi hebat. Menghargai seseorang, dijamin tidak akan melunturkan cahaya kebaikan yang kita punya. Mungkin kita bisa menerobosnya dengan hal-hal ini:

1. Penerimaan
Hadiah terbesar yang kita terima adalah penghormatan tanpa syarat. Siapapun kita, bagaimanapun kita, dan apapun yang kita pakai, penghormatan yang datang dari lubuk sanubari terasa begitu ringan melayangkan rasa. Penghormatan sederhana yang bisa kita lakukan terhadap orang lain adalah tersenyum. Tentu saja senyum yang tulus, merekah bagai bunga. Bercahaya laiknya matahari pagi. Terasa hangat. Dengan kita tersenyum senang melihat kehadiran orang lain maka harga diri mereka akan naik.

2. Apresiasi.
Pujian adalah hal terpenting untuk membuat orang lain menjadi sangat ‘penting’. Bahwa, apa yang telah mereka lakukan adalah hal yang terbaik dan berdampak pada suatu proses. Ucapan terima kasih sebagai bentuk sederhana dari apresiasi. Dengan begitu mereka merasa kompeten dan mampu, secara tidak langsung hal itu membuat mereka terpacu untuk meningkatkan kemampuan mereka.

3.Persetujuan.
Bagaimanapun juga dalam alam bawah sadar manusia memiliki keinginan untuk disetujui segala tindakan dan pendapat mereka. Definisi dari persetujuan bisa dikatakan dengan pujian. Dengannya mereka merasa sangat penting dan berharga, hal lainnya, akan membuat pribadi kita belajar bahwa sehebat apapun kita, akan selalu membutuhkan orang lain untuk berperan menjadi kita hebat.

4. Sapa
Dengan menyapa dan tersenyum, membuat orang merasa keberadaannya terperhatikan. Keadaan ini membuat situasi emosi seseorang tetap terjaga.

5. Perhatian
Hal yang terpenting dari semua yang terpapar, perhatian merupakan bentuk kongkrit dari sebuah penghargaan. Perhatian bisa menjadi makanan terbaik bagi semua hubungan. Persahabatan, keluarga dan hubungan kerja.

Kadang seseorang mengatakan penghargaan bukan hal yang mutlak untuk dia butuhkan, tapi bukan hal yang salah kalau kita menciptakan lingkungan saling menghargai. Setuju? Kembali lagi pada anda sepenuhnya.

DS, 04 Desember 2011
Menunggu subuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar